-->

Ads 720 x 90

Unggulan

Supernova benturan antar bintang yang diabadikan NASA

Pesawat luar angkasa milik NASA, kembali menemukan dan mengabadikan sebuah ledakan yang sangat besar di sistem tata surya, ledakan yang di tankap oleh NASA ini di publikasikan dan bisa dilihat, betapa kecil nya bumi kita ini, di jagad raya ini, sebuah foto Ledakan Supernova Tipe Ia diabadikan kamera Solar Dynamics milik NASA, seperti yang terlihat di gambar.

Supernova Tipe Ia adalah jenis yang sangat khusus pada keruntuhan bintang karena mereka memberikan apa yang disebut “standard candles” untuk pengukuran jarak . Ini berarti bahwa mereka memberikan luminositas yang dapat diandalkan untuk astronom dan astronom yang benar-benar perlu untuk mulai melakukan perhitungan yang tepat , Tetapi kenyataannya adalah bahwa bahkan supernova Tipe Ia hanya standar di bagian paling puncak kecerahan , jadi penting untuk menangkap peristiwa seperti itu.


Itulah yang NASA lakukan bulan lalu , ketika detektor neutrino memberi peringatan dini dari ledakan yang akan terjadi, Ini melatih berbagai macam peralatan pada kejadian tersebut  Spitzer Space Telescope to the Chandra X-ray Observatory, the Nuclear Spectroscopic Telescope Array (NuSTAR), to the Swift Gamma Ray Burst Explorer, ini adalah salah satu efek terdokumentasi dengan sangat baik .

Alasan astronom peduli tentang begitu banyak hal ini adalah bahwa itu terjadi di , di galaksi M82 kami terdekat , Sekitar 12 juta tahun cahaya , supernova ini bisa memberikan wawasan yang nyata untuk para astronom dengan membiarkan mereka melihat kematian sebuah bintang relatif lebih dekat.

NASA telah merilis sebuah foto yang menakjubkan dari peristiwa ini seperti yang ditangkap oleh Teleskop Hubble, yang memberikan gambaran tentang gambaran dyahsatnya cahaya dari supernova dan bintang biasa.

Sebelum supernova menyebabkan para ilmuwan untuk mengamati bahwa alam semesta berkembang , dan telah membantu mereka untuk memetakan distribusi galaksi .

Supernova Tipe Ia umumnya sulit untuk di tangkap karena mereka kurang energik daripada beberapa jenis lain . Bahkan , supernova ini kemungkinan disebabkan oleh tabrakan atau perubahan ekstrim lainnya dalam distribusi massa . Akibatnya , mereka mengeluarkan neutrino sedikit yang biasanya merupakan tanda awal dari supernova , memungkinkan para ilmuwan untuk reorientasi teleskop pada waktunya untuk melihat kejadian tersebut . Neutrino dari ledakan ini hanya memberi kami peringatan karena terjadi begitu dekat.

Namun, mereka dapat terjadi jauh lebih dekat dari itu . Jadi yang disebut supernova galaksi adalah mereka yang terjadi di Bima Sakti itu sendiri , beberapa astronom memperingatkan bahwa jika kita tidak berinvestasi sekarang dalam sistem respon cepat , kita berisiko kehilangan salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah saat kami memandang bintang .


Sekilas Tentang Supernova

Nova artinya cahaya terang. Dalam konteks astronomi, salah satu sumber fenomena nova adalah ledakan nuklir yang biasa terjadi pada sebuah bintang akibat benturan hidrogen pada permukaan bintang tersebut dengan bintang katai putih, nova ini menghasilkan panas setara dengan 20 juta kelvin dan cahayanya akan me redup setelah mencapai 80 hari.

Supernova berarti ledakan yang lebih dahsyat daripada nova. Sumber supernova yang diketahui astronom salah satunya adalah ledakan bintangc raksasa, akibat supernya, cahaya yang dihasilkan lebih terang daripada cahaya semua bintang dalam sebuah galaksi digabung menjadi satu, Berdasarkan pola redupnya, supernova dibagi atas Tipe I dan Tipe II sisa ledakan keduanya masih dapat dilihat dengan jelas setelah bertahun-tahun meledak.



Terimakasih
Terima Kasih telah mengunjungi Blog Saya apa bila ada masukan dan kritikan saya akan terima dengan senang hati, bila ingin berkomentar juga di persilahkan, terima kasih
keristiar.blogspot.com
Kerist
Halo...

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter